Implikasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Ditinjauh dari Teori Jean Piagetdia Pembelajaran Digital terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Ditinjauh dari Teori Jean Piaget

Authors

  • Ulfa Auliah Dwiyanti H Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Wirna Arsyad Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Adnan Adnan Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6357

Abstract

Artikel ini membahas penggunaan media pembelajaran digital terhadap perkembangan kognitif siswa menurut teori Jean Piaget. Kemampuan kognitif merujuk pada kapasitas individu dalam melakukan berbagai aktivitas mental (berpikir). Setiap individu memiliki cara belajar yang unik dalam proses belajar, seseorang akan melalui beberapa tahap, mulai dari tidak tahu menjadi tahu, hingga menjadi ahli di bidang tertentu. Penggunaan media pembelajaran sangat penting bagi guru untuk mendukung proses belajar, karena dapat meningkatkan minat dan pemahaman kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur sistematis dengan desain PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis), yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh media pembelajaran digital terhadap perkembangan kognitif siswa berdasarkan teori kognitif Piaget. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran digital memberikan kontribusi positif dengan menyediakan kerangka yang jelas untuk memahami bagaimana siswa belajar dan berkembang. Dapat memberikan rekomendasi bagi pendidik untuk merancang pembelajaran yang efektif, yang disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif anak. Penerapan teori Piaget diharapkan dapat membantu pendidik dalam mengoptimalkan potensi kognitif anak serta merangsang perkembangan kognitif mereka secara maksimal.

Published

2024-12-02

How to Cite

H, U. A. D. ., Arsyad, W. ., & Adnan, A. (2024). Implikasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Ditinjauh dari Teori Jean Piagetdia Pembelajaran Digital terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Ditinjauh dari Teori Jean Piaget. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13557-13561. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6357