Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pengukuran Panjang dan Berat Siswa Kelas III di SDN 80/I Muara Bulian

Authors

  • Diah Eka Puspita Sari Universitas Jambi, Indonesia
  • Maryono Maryono Universitas Jambi, Indonesia
  • Andi Gusmaulia Eka Putri Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6358

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika  Pengukuran Panjang Dan Berat  Siswa Kelas III di SDN 80/I Muara Bulian. Penelitian ini dilakukan di SDN 80/I Muara Bulian 2024. Data penelitian diperoleh dengan Observasi, Wawancara dokumentasi dan tes Hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajarpeserta didik pada mata pelajaran Matematika, khususnya pada materi Pengukuran panjang dan berat dengan model Problem Based Learning di kelas III SD Negeri 80/I Muara Bulian. Penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa Model yang diterapkan secara bertahap mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dari siklus ke siklus. Pada siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan persentase sebesar 46,6%, meskipun belum mencapai target yang ditetapkan yaitu ?75%. Pada siklus II, hasil belajar siswa semakin meningkat dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 93,33%, melebihi target yang ditentukan. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem based learning Pelajaran matematika pada materi Pengukiran panjang dan berat dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Published

2024-12-04

How to Cite

Sari, D. E. P. ., Maryono, M., & Putri, A. G. E. . (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pengukuran Panjang dan Berat Siswa Kelas III di SDN 80/I Muara Bulian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13823-13833. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6358