Upaya Pendidik sebagai Generasi Digital Native dan Digital Immigrants di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.636Abstract
Pendidik atau guru, terutama digital immigrants, menemukan tantangan untuk mengejar teknologi dalam mengintegrasikan pembelajaran digital di kelas dimasa pandemi covid-19. Studi sebelumnya mengungkapkan bahwa beberapa guru digital immigrants, pendatang baru di era digital, kurang percaya diri untuk mengintegrasikan teknologi selama mengajar karena mereka menyadari fakta bahwa siswa mereka lebih mahir dari pada mereka. Studi ini menggambarkan perjuangan seorang guru atau pendidik di masa pandemi covid-19 sebagai digital immigrants harus terlibat dengan teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja pengajaran yang dilakukan secara online di masa pandemi covid-19. Seorang guru digital immigrants menjadi peserta penelitian sekaligus sebagai informan dalam pengambilan data. Dalam membuat media pembelajaran digitalnya serta sulit meningkatkan kompetensi integrasi teknologi pengajarannya karena kurangnya pengetahuan dan keterampilan Tekhnologi Informasi yang dimilikinya. Tujuan pendelitian ini untuk mendeskripsikan upaya guru atau pendidik sebagai gernerasi Digital Native dan Digital Immigrants di masa pandemi covid-19.