Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Video Powtoon dan Tanpa Media Video Powtoon
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6379Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar peserta didik yang menggunakan video Powtoon dan tanpa video Powtoon, perbedaan hasil belajar menggunakan video Powtoon dan tanpa video Powtoon pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 10 Pontianak. Quasy experimental design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Desaign digunakan dalam penelitian ini. Purposive sampling dipilih peneliti dalam pengambilan sampel didasarkan pada dua kelas yang setara. Kelas XI D sebagai kelompok kontrol dan kelas XI E sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Istrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, lembar obeservasi, dan lembar dokumentasi. Hasil belajar meningkat setelah menggunakan video Powtoon dengan selisih sebesar 30,46, dan tanpa menggunakan video powtoon selisih sebesar 15,66. Melalui uji Independent Sample T-test hasil T-test Sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan media video Powtoon dan tanpa media video Powtoon pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 10 Pontianak.