Implementasi Asesmen Portofolio Untuk Memantau Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di PAUD Plamboyan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6394Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa asesmen perkembangan anak usia dini merupakan salah satu komponen utama dalam kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang baru diterapkan di Indonesia sesuai dengan Permendikbud no. 137 tahun 2014 tentang standar pendidikan anak usia dini dan Permendikbud no. 146 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Asesmen Portofolio untuk Memantau Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di PAUD Plamboyan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa asesmen anak usia dini di PAUD Plamboyan yang bersifat formal adalah berupa tes terstandar yang dilakukan saat penerimaan siswa baru dan tes psikologis yang bekerjasama dengan lembaga psikologi. Sedangkan Asesmen informal di PAUD Plamboyan diimplementasikan dengan teknik sebagai berikut: 1) Catatan anekdot yang merupakan catatan singkat tentang kejadian spesifik yang terjadi secara tiba-tiba, 2) Time sampling, yang merupakan metode untuk mencatat intensitas perilaku yang muncul dalam waktu tertentu, 3) Checklist dan rating scale yang diimplementasikan dalam format penilaian harian, 4) Portofolio, yang merupakan kumpulan hasil karya anak dalam kurun waktu tertentu, serta 5) Rapor yang berisi tentang laporan tentang deskripsi perkembangan anak di setiap aspek perkembangan anak.