Hambatan dan Tantangan Museum Pendidikan Surabaya sebagai Wisata Edukasi

Authors

  • Debby Angely Agustin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Leily Suci Rahmatin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6399

Abstract

Wisata edukasi merupakan kegiatan melakukan perjalanan ke suatu tempat tertentu untuk mendapatkan pengetahuan. Melalui wisata edukasi masyarakat mendapatkan pengalaman berwisata sekaligus belajar dengan suasana yang baru. Salah satu wisata edukasi di Kota Surabaya yaitu Museum Pendidikan Surabaya. Museum Pendidikan Surabaya merupakan museum khusus untuk menyimpan koleksi sejarah Pendidikan di Indonesia. Museum ini diresmikan oleh walikota Surabaya yaitu Tri Rismaharini pada tanggal 25 November 2019. Museum Pendidikan Surabaya didirikan dengan tujuan untuk menjadi wisata edukasi dan rekreasi dengan pengelolaan yang professional dan berstandart internasional. Pengelolaan museum yang profesional membutuhkan peran pengelola museum guna mewujudkan Museum Pendidikan Surabaya sebagai wisata edukasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran pengelola terhadap pengembangan Museum Pendidikan Surabaya sebagai wisata edukasi. Penelitian ini menggunakkan pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa hambatan yang dihadapi pengelola adalah proses pencairan dana dan sumber daya yang kurang memadai. Sedangkan tantangan yang dihadapi pengelola adalah menyajikan museum yang mengikuti perkembangan zaman.

Published

2024-12-01

How to Cite

Agustin, D. A. ., & Rahmatin, L. S. . (2024). Hambatan dan Tantangan Museum Pendidikan Surabaya sebagai Wisata Edukasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13635-13641. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6399