3 Media JCLOZE Pada Pembelajaran Matakuliah Menyimak Kritis-Evaluatif di IKIP Budi Utomo Malang

1. Artifa Sorraya, 2. Yunita Anas Sriwulandari

Authors

  • Redaksi JIIP

Keywords:

Media JCloze, Pembelajaran, Menyimak Kritis, Evaluatif

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu rangkaian untuk memungkinkan terjadinya proses belajar yang dirancang, dilaksanakan dan dievaluasi secara sistematis agar mendapatkan capaian tujuan pembelajaran tersebut secara aktif, efektif dan inovatif. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pemebntukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaranadalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Media JCloze adalah media untuk membuat aplikasi yang menyediakan tulisan dan bagian yang harus dilengkapi. Setiap bagian yang harus dilengkapi bisa disediakan opsi jawaban benar yang lebih dari satu, termasuk memberikan petunjuk untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Menyimak adalah mendengarkan secara khusus dan terpusat pada objek yang disimak. Menyimak bermakna mendengarkan dengan penuh pemahaman, perhatian serta apresiasi. Penelitian ini menggunakan rancangan satu kelompok dengan pretes-postes (one group pretest-postest design). Teknis analisis data menggunakan uji t statistik, uji validitas satu sampel. Hasil uji t statistik = 7,973 ? t- tabel = 2,045, maka terdapat perbedaan antara X1 dan X2. Dari hasil tersebut membuktikan bahwa ada perbedaan kemampuan menyimak antara pretes dan postes

Published

2019-11-02

How to Cite

JIIP, R. (2019). 3 Media JCLOZE Pada Pembelajaran Matakuliah Menyimak Kritis-Evaluatif di IKIP Budi Utomo Malang: 1. Artifa Sorraya, 2. Yunita Anas Sriwulandari. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(3), 313-318. Retrieved from https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/64

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>