Manajemen Reputasi Danone-Aqua dalam Pemulihan Citra Pasca Kasus Boikot Produk Berafiliasi Israel (Analisis Isi Kualitatif Konten @AquaLestari di Instagram)

Authors

  • Gilang Ilham Pratama Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Diana Amalia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6408

Abstract

Reputasi adalah aset berharga yang menjadi kunci keberhasilan jangka panjang perusahaan, yang berfungsi dalam menjaga kepercayaan konsumen, menarik mitra bisnis, dan menciptakan keunggulan kompetitif. Reputasi merujuk pada opini publik tentang organisasi atau produk tertentu (Fahruddin & Prayudha, 2023). Pada saat terjadi boikot, komentar negatif membanjiri akun Instagram @AquaLestari, yang kemudian ditanggapi oleh Aqua dengan mengubah tagline menjadi "100% Indonesia" sebagai klarifikasi. Isu boikot Aqua telah memasuki tahap pasca-krisis, di mana perusahaan berupaya agar lebih siap menghadapi krisis di masa mendatang (Amalia et al., 2021). Penelitian ini menganalisis manajemen reputasi Danone-Aqua pasca-boikot melalui analisis isi pada unggahan Instagram @AquaLestari. Metode analisis isi (content analysis) digunakan untuk memperoleh pemahaman sistematis dan objektif mengenai strategi Aqua dalam memulihkan citra. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pendekatan Aqua dalam menjaga reputasinya selama isu boikot produk yang berafiliasi dengan Israel, serta dampaknya dalam menghadapi opini publik.

Published

2024-12-01

How to Cite

Pratama, G. I. ., & Amalia, D. . (2024). Manajemen Reputasi Danone-Aqua dalam Pemulihan Citra Pasca Kasus Boikot Produk Berafiliasi Israel (Analisis Isi Kualitatif Konten @AquaLestari di Instagram). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13533-13540. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6408