Manajemen Pembelajaran Berhitung dengan Menggunakan Media Kartu Angka dalam Minat Berhitung untuk Meningkatkan Siswa Berfikir Cerdas
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.641Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, kendala dan solusi pembelajaran berhitung dengan menggunakan media kartu angka dalam minat berhitung untuk meningkatkan siswa berpikir cerdas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran berhitung dilaksanakan dengan menyusun program semester sebagai pedoman pembelajaran. Guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. Pengorganisasian pembelajaran dilaksanakan dengan adanya pembagian tugas, tanggung jawab serta wewenang setiap personil di lembaga pendidikan TK dan tergambar kesesuaian dengan azas azas pengorganisasian yakni setiap personil dengan segala sarana dan prasarana, serta alokasi waktu mampu bekerja untuk mencapai tujuan yang ditetapkan sesuai dengan perencanaan. Pelaksanaan pembelajaran berhitung dengan menggunakan media kartu angka diantaranya dengan adanya kegiatan pembukaan, inti, dan penutup. Evaluasi pembelajaran berdasarkan prosedur yang ditetapkan dengan menggunakan alat penilaian yang disesuaikan dengan metode dan materi pembelajaran. Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran yakni masih rendahnya inovasi guru dalam proses pembelajaran. Solusi yang dilakukan dengan meningkatkan mutu guru seperti diklat, seminar dan mengoptimalkan penggunaan media kartu angka dengan warna dan bentuknya bervariasi agar anak lebih tertarik.