Blue Ocean Strategy pada Organisasi Pendidikan: Implementasi pada Sekolah (SMA Islam Alam Sains/IAS Al Jannah)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6427Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan banyaknya institusi pendidikan yang bersaing untuk mendapatkan konsumen atau siswa agar dapat masuk ke sekolah masing-masing, dengan persaingan yang sangat pesat dan kompetitif. Melalui blue ocean strategy sebagai bentuk strategi pemasaran yang lebih inovasi dan menonjolkan karakteristik dan kelebihan dari institusi terkait.Salah satunya SMA IAS AL Jannah yang sudah menerapkan blue ocean strategy.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pendekatan analisis SWOT. Penelitian kualitatif deskriptif ini akan menganalisis manajemen strategi institusi pendidikan di SMA IAS Al Jannah Harjamukti, Depok dari perspektif Blue Ocean Strategy, termasuk syarat dan fokusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA IAS Al Jannah telah memenuhi syarat Blue Ocean Strategy, yaitu fokus pada kurva institusi yang divergen (menjauh dari persaingan), serta didukung oleh visi yang kuat, yaitu "Terwujudnya pemimpin berkarakter Islam, cinta alam, dan unggul dalam sains." Selain itu, SMA IAS Al Jannah juga telah menjalankan tahapan perumusan strategi dan implementasinya sesuai dengan prinsip Eliminate, Reduce, Raise, dan Create dalam meningkatkan popularitas sekolah.