Menumbuhkan Karakter Siswa di Sekolah Dasar dengan Bermuatan Tri Hita Karana

Authors

  • Ni Made Nia Widiya Paramita Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Ida Bagus Putu Arnyana Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Wayan Suja Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6429

Abstract

Pendidikan karakter di Sekolah Dasar dapat dikembangkan melalui ajaran Tri Hita Karana. Sebagai lembaga pendidikan, Sekolah Dasar memiliki peran penting sebagai fondasi awal bagi peserta didik dalam berinteraksi sosial, baik di keluarga, masyarakat, maupun di sekolah. Pendidikan itu sendiri merupakan usaha yang sadar dan terencana untuk menciptakan suasana belajar yang aktif bagi peserta didik, guna mengembangkan potensi diri mereka menjadi manusia yang lebih baik. Secara singkat, proses pembelajaran yang berbasis ajaran Tri Hita Karana di sekolah bertujuan untuk menanamkan rasa bhakti kepada Tuhan Yang Maha Esa, salah satunya dengan membiasakan peserta didik untuk berdoa (Trisandya) sebelum memulai kegiatan belajar. Contoh sederhana dalam menanamkan pendidikan karakter adalah dengan menumbuhkan rasa bhakti yang dapat memperdalam pemahaman tentang kasih sayang kepada Tuhan Yang Maha Esa. Proses pendidikan karakter melalui implementasi ajaran Tri Hita Karana di sekolah dapat dilakukan melalui beberapa cara, antara lain: 1) pendidikan dan pelatihan (soft skill dan kewirausahaan), 2) mendorong peserta didik untuk terus menggali ilmu pengetahuan, 3) mengajak peserta didik untuk bergaul dengan orang-orang yang unggul dan pintar, 4) membimbing dan mengajak peserta didik agar yakin dan percaya bahwa mereka dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa, 5) memberikan teladan dengan selalu hidup bersih dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Published

2024-12-04

How to Cite

Paramita, N. M. N. W. ., Arnyana, I. B. P. ., & Suja, I. W. . (2024). Menumbuhkan Karakter Siswa di Sekolah Dasar dengan Bermuatan Tri Hita Karana. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13926-13931. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6429