Framing 10 Tahun Pemerintahan Jokowi pada Kompas.id

Authors

  • Sigit Andrianto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Mohammad Syarrafah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Reza Mehdi Fauzi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6432

Abstract

Produk media massa bukanlah cerminan realitas. Produk media massa adalah representasi berdasar cara pandang awak media terhadap realitas. Artikel ini menganalisis cara Kompas.id memandang dan mengemas 10 tahun pemerintahan presiden ke-7 Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Analisis dilakukan pada produk Kompas.id berupa artikel yang ditayangkan menjelang berakhirnya masa pemerintahan presiden Presiden ke-7 Jokowi. Terdapat tiga artikel Kompas.id bertema 10 tahun (1 dekade) pemerintahan Jokowi yang ditayangkan pada rubrik Riset berdasarkan hasil penelitian Litbang Kompas. Analisis dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode Framing dari Gamson dan Modigliani untuk mengetahui cara pandang Kompas.id. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kompas.id menampilkan 10 tahun pemerintahan Jokowi dalam bingkai keberhasilan berdasar kinerja yang telah dilakukan. Presiden ke-7 tersebut digambarkan sebagai pemimpin yang merakyat dan disukai masyarakat Indonesia. Bingkai tersebut tergambar dari pemilihan tema, pemilihan kata, struktur kalimat, dan gambar serta grafik yang digunakan dalam kemasan artikel Kompas.id.

Published

2024-11-22

How to Cite

Andrianto, S. ., Syarrafah, M. ., & Fauzi, R. M. . (2024). Framing 10 Tahun Pemerintahan Jokowi pada Kompas.id. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 13248-13254. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6432