Dinamika Perilaku Belanja Produk Segar Generasi X dalam Perspektif Teori Habitus Bourdieu
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6434Abstract
Pandemi COVID-19 membawa banyak perubahan dalam kehidupan individu, saat semua hal harus dilakukan dari rumah. Hal ini didukung dengan kemajuan teknologi yang menghadirkan aplikasi berbelanja daring produk segar yang membantu individu untuk memenuhi kebutuhannya. Aplikasi ini menyediakan kebutuhan produk segar yang bisa dipilih oleh individu dan langsung diantar ke lokasi yang dipilih. Generasi X sebagai digital immigrants telah mengalami era perubahan dari analog ke digital, melihat bahwa aplikasi ini mudah untuk digunakan dan membawa manfaat dalam kehidupannya. Penelitian yang dilakukan pada generasi X ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana habitus yang terbentuk dan perubahan perilaku individu dalam berbelanja produk segar sebelum dan saat pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi untuk menggambarkan budaya individu dari waktu ke waktu, dengan teknik wawancara dan observasi yang dilakukan melalui reka adegan serta wawancara menggunakan konferens video. Hasil menunjukkan adanya peningkatan dalam intensitas penggunaan aplikasi belanja produk segar secara luring, yang sebelum pandemi perbandingan luring dan daring 90:10 saat pandemic berubah menjadi 60:40. Jika sebelum pandemi aplikasi jarang digunakan, saat adanya pembatasan aplikasi belanja menjadi cara utama untuk memenuhi kebutuhan. Saat kondisi berangsur normal individu kembali melakukan belanja luring diselingi dengan daring. Aspek pengalaman yang didapatkan saat berbelanja luring belum bisa tergantikan meski dengan kemudahan dan efisiensi waktu yang dibawa oleh aplikasi belanja daring. Penelitian yang berfokus pada practice atau perilaku berbelanja ini berisi rekomendasi selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengetahui pengaruh field dan capital seseorang dalam membentuk habitus.