Penerapan Gerak dan Lagu dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6439Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan gerak dan lagu dalam mengembang kan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Rimba I Bogor, dalam kurun waktu dua bulan yaitu Mei-Juni 2024. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tiga model yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, tahapan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Gerakan dan lagu mengembangkan keterampilan motorik kasar pada anak melalui tahapan perencanaan dan langkah-langkah yang dipersiapkan. Dapat digunakan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Memberikan dampak positif terhadap perkembangan motorik kasar anak, sehingga anak dapat mengikuti pembelajaran dengan cara yang menyenangkan.