Program Self-Management untuk Mengatasi Masalah Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Unimuda Sorong

Authors

  • Nurwahidah Nurwahidah Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Indonesia
  • Sindi Puji Rahayu Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Indonesia
  • Achmad Rizki Setia Budi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Indonesia
  • Tri Permata Sari Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6449

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi masalah prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong melalui program self-management berdasarkan pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT). Program self-management merupakan modifikasi perilaku yang memuat self-monitoring, stimulus control, self-reinforcement. Pada penelitian ini, digunakan metode one group pretest-posttest design, yaitu partisipan diukur tingkat prokrastinasi akademiknya sebelum dan setelah intervensi. Program self-management terdiri dari 2 pertemuan berdurasi 60-90 menit. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 5 orang. Hasil analisis kuantitatif data menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0.104. Dikarena nilai 0.104 lebih besar dari 0.05, maka hasil ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Temuan ini dapat memberikan gambaran berbeda karena beberapa penelitian sebelumnya menemukan bahwa self-management mampu mengatasi atau mengurangi masalah prokrastinasi akademik. Hal tersebut dapat menjadi perhatian bagi peneliti selanjutnya.

Published

2024-12-04

How to Cite

Nurwahidah, N., Rahayu, S. P. ., Budi, A. R. S. ., & Sari, T. P. . (2024). Program Self-Management untuk Mengatasi Masalah Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Unimuda Sorong. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13947-13952. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6449