Pengembangan E-Modul Pembelajaran Smart Building System Berbasis KNX untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Teknologi dan Berpikir Kritis

Authors

  • Lisa Purdiana Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Subuh Isnur Haryudo Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Lina Saptaria Universitas Islam Kadiri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6452

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis e-Modul dengan memanfaatkan teknologi virtual KNX. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Delepopment (R&D). Model pengembangan desain pembelajaran menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini melibatkan 75 peserta didik kelas XII Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Pengukuran hasil pengembanagan e-Modul berfokus pada keterbacaan, kelayakan, keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen penilaian oleh ahli, instrumen tes, dan instrumen kuesioner (angket). Tenik analisis data berupa uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan media pembelajaran.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan sangat valid (95,67%). Materu oembelajaran dinyatakan sangat valid (90%). Berdasarkan persepsi guru, media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan nilai sebesar 94,44% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan menurut persepsi peserta didik, media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan nilai sebesar 88,88% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis N-Gain persen sebesar 86% (>76), sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi teknologi. Hasil penelitian ini memperkaya pilihan media pembelajaran bagi guru SMK untuk sub konsentrasi keahlian Instalasi Penerangan Listrik.

Published

2024-12-11

How to Cite

Purdiana, L. ., Haryudo, S. I. ., & Saptaria, L. (2024). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Smart Building System Berbasis KNX untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Teknologi dan Berpikir Kritis. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14288-14294. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6452