Pembelajaran Kimia dengan Model Pembelajaran Tri Pramana Berbantuan Teknologi Informasi: Sinergi Kearifan Lokal dan Sibergogi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6489Abstract
Pembelajaran hendaknya harus beradaptasi dengan pola belajar abad ke-21 namun juga mengakomodasi konsep kearifan lokal. Salah satu kearifan lokal yang berkaitan dengan pembelajaran adalah Tri Pramana. Kemudian pola belajar abad ke-21 adalah menganut paradigma sibergogi. Salah satu sinergi antara kearifan lokal dan sibergogi adalah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis Tri Pramana berbantuan IT. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran berbasis Tri Pramana berbantuan IT dalam pembelajaran Kimia. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kepustakaan. Sumber data adalah berupa buku, prosiding, jurnal dan sumber lainnya yang berkaitan dengan sibergogi, Tri Pramana dan pembelajaran kimia. Data kemudian dianalisis dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran Tri Pramana berbantuan IT adalah bentuk sinergi antara kearifan lokal dan juga sibergogi. Dalam prosesnya terjadi prinsip reaksi dimana guru sebagai fasilitator, evaluator dan juga perancang pembelajaran. Sistem pendukung yang dibutuhkan adalah lembar kerja peserta didik, sumber dan media pembelajaran berbasis IT, sarana komputer dan jejaring internet.