Penggunaan Teknik “Ceriakan” Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Materi Perilaku Menyimpang

Authors

  • Sarwono Sarwono SMA Negeri 1 Sooko Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.652

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya peningkatan kemampuan memahami perilaku menyimpang dengan teknik CERIAKAN pembelajaran pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Sooko Semester Genap Taun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research/CAR). Penelitian dan solusi disusun sesuai dengan permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran di kelas dan dialami oleh guru pada kompetensi dasar sebelumnya yaitu memahami sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian. Adapun solusi yang diterapkan pada kompetensi dasar setelahnya tentang memahami terjadinya perilaku menyimpang adalah penggunaan metode pembelajaran inkuiri model “CERIAKAN” sehingga prestasi belajar siswa meningkat. Penelitian tindakan perbaikan dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari rangkaian kegiatan (1) perencanaan/plaining, (2) pelaksanaan/tindakan/ acting, (3) pengamatan/observing, dan (4) refleksi/reflecting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model “CERIAKAN” dalam proses pembelajaran terjadi peningkatan prestasi belajar siswa baik berdasarkan hasil evaluasi maupun hasil observasi. Hasil evaluasi siswa, nilai rata-rata kelas ulangan harian pra siklus 67 dengan 6 siswa (27,27%) telah tuntas dan 16 siswa (72,72%) siswa belum tuntas, sedangkan pada siklus 1 nilai rata-rata kelas mencapai 75 dengan 11 siswa (50%) yang tuntas dan 11 siswa (50%) belum tuntas dan pada siklus 2 terjadi peningkatan menjadi 81 dengan 21 siswa (95,45%) tuntas. Jadi secara keseluruhan telah terjadi peningkatan sebesar 15 poin dari pra siklus hingga siklus.

Published

2022-06-13

How to Cite

Sarwono, S. (2022). Penggunaan Teknik “Ceriakan” Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Materi Perilaku Menyimpang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1862-1867. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.652