Modul Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematika

Authors

  • Wajib Pandia Universitas Quality Medan, Indonesia
  • Israil Sitepu Universitas Katolik Santo Thomas Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.655

Abstract

Dapat disaksikan betapa ketrampilan berpikir kritis matematika (KBKM) para peserta didik relatif masih rendah. Realitas pembelajaran bidang studi matematika di kelas pada umumnya bersifat monoton. Karateristik ini pada umumnya akan membawa peserta didik merasa bosan, malas, pasif sehingga tidak ada cetusan niat untuk mengembangkan kemampuan bernalar. Salah satu cara mengatasi rendahnya ketrampilan berpikir kritis matematika ini adalah pembelajaran berbasis masalah model kontekstual (PBMK). Penelitian ini merupakan tinjauan pustaka, yang mengambil sumber data skunder untuk kemudian dianalisis dan dideskripsikan dengan panduan teoretik yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa pada umumnya peserta didik yang mendapatkan model PBMK cenderung memiliki ketrampilan yang lebih baik. Singkat kata hasil analisis data observasi menunjukkan bahwa model PBMK dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Published

2022-06-17

How to Cite

Pandia, W., & Sitepu, I. (2022). Modul Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematika. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1942-1944. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.655