Pengaruh Sesi Komunikasi, Informasi dan Edukasi terhadap Status Gizi Anak di bawah Usia 3 Tahun di Rumah Sakit Muhammadiyah Gresik

Authors

  • Siti Hamidah Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.662

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sesi komunikasi, informasi, dan edukasi gizi selama sebulan terhadap peningkatan status gizi pada anak di bawah usia 3 tahun. Ini adalah uji coba kontrol acak yang dilakukan di Rumah Sakit Gresik Muhammadiyah, Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Sampel 160 anak di bawah 3 tahun dipilih untuk penelitian ini. Sampel dialokasikan secara acak ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing kelompok terdiri dari 80 anak. Variabel dependen adalah berat untuk usia dalam z-score. Variabel independennya adalah informasi, pendidikan dan komunikasi (IEC). Setelah intervensi ICE, berat rata-rata untuk usia z-score pada kelompok eksperimen (Mean= 1.50; SD= 1,30) lebih tinggi dari berat rata-rata untuk usia z-score pada kelompok kontrol (Mean= -0,50; SD= 1,10), dan secara statistik signifikan (p= 0,023). Sesi komunikasi, informasi, dan edukasi gizi selama sebulan yang ditujukan kepada ibu efektif untuk meningkatkan status gizi anak di bawah usia 3 tahun.

Published

2022-06-17

How to Cite

Hamidah, S. (2022). Pengaruh Sesi Komunikasi, Informasi dan Edukasi terhadap Status Gizi Anak di bawah Usia 3 Tahun di Rumah Sakit Muhammadiyah Gresik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1928-1935. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.662