Pengaruh Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6659Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Articulate Storyline 3 dalam meningkatkan hasil belajar IPAS pada materi bagian tubuh tumbuhan di SDN Moncek Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan model eksperimen. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan menggunakan desain Pre-Experimental Design, dimana hanya terdapat satu kelompok eksperimen tanpa adanya kelompok kontrol. Rancangan penelitian yang diterapkan adalah one group pretest-posttest, yang memungkinkan untuk membandingkan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah penerapan media pembelajaran Ariculate Storyline 3. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan kaidah pengambilan keputusan dalam uji paired sample t-test, dimana nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,05, bahwa hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Articulate Storyline 3 berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Moncek Timur.