Analisis Nilai Tambah Pendidikan dalam Dimensi Mikro dan Makro Lembaga Pendidikan, Perorangan, dan Analisis Nilai Tambah bagi Masyarakat

Authors

  • Jogie Suaduon Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Sulistiyowati Gandariyah Afkari Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Imam Subekti Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Parida Parida Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Juni Aziwantoro Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Lias Hasibuan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Kasful Anwar Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.668

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman yang begitu drastis pada dunia pendidikan yang akan terus  memberikan  perubahan  kepada  pola  pikir  manusia.  Pendidikan  merupakan  sebuah  sistem terbuka  yang  tidak  terlepas  dari  suatu  permasalahan,  seperti  masalah makro  yang  terjadi  secara menyeluruh  yang  dialami  hampir  semua  lembaga  pendidikan  pada  proses  pembelajarannya. Di negara-negara maju, pendidikan selain sebagai aspek konsumtif juga diyakini sebagai investasi modal manusia (human capital investment) dan menjadi “leading sector” atau salah satu sektor utama. Oleh karena perhatian pemerintahnya terhadap pembangunan sektor ini sungguh sungguh, misalnya komitmen politik anggaran sektor Pendidikan tidak kalah dengan sektor lainnya, sehingga keberhasilan investasi pendidikan berkorelasi dengan kemajuan pembangunan makronya. Diperlukan adanya pendidikan multicultural sebagai suatu pendekatan   progresif untuk melakukan transformasi pendidikan yang secara menyeluruh membongkar kekurangan dan   kegagalan dan   praktek-praktek diskriminatif dalam   proses pendidikan. Pendidikan multicultural didefinisikan tentang pendidikan keragaman budaya dalam perubahan demografis dan budaya   masyarakat  tertentu  atau   dunia secara keseluruhan. Wacana pendidikan sebagai hak mendasar setiap warga negara memang menarik untuk didiskusikan, sebab kenyataannya masih banyak warga negara yang belum dapat menikmati haknya.

Published

2022-06-21

How to Cite

Suaduon, J., Afkari, S. G., Subekti, I., Parida, P., Aziwantoro, J., Hasibuan, L., & Anwar, K. (2022). Analisis Nilai Tambah Pendidikan dalam Dimensi Mikro dan Makro Lembaga Pendidikan, Perorangan, dan Analisis Nilai Tambah bagi Masyarakat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1972-1979. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.668