Analisis Validitas dan Reliabilitas Keterbacaan Buku Ajar perkuliahan Berbasis Analogi

Authors

  • Fathirma'ruf STKIP Yapis Dompu
  • Budiman STKIP Yapis Dompu
  • Asmedy STKIP Yapis Dompu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas dan reliabilitas keterbacaan buku ajar perkuliahan berbasis analogi. Komponen validasi buku ajar yang dikembangkan terdiri dari empat bagian, yaitu (1) tampilan sampul/ cover buku ajar perkuliahan, (2) karakteristik tampilan buku ajar perkuliahan, (3) fungsi dan manfaat buku ajar perkuliahan, (4) materi pembelajaran buku ajar perkuliahan. Buku ajar yang dikembangkan diperuntukan pada jenjang perkuliahan starata satu pada program studi pendidikan teknologi informasi STKIP Yapis Dompu pada mata kuliah teori dan praktik database manajement. Subjek penelitian yaitu dua orang pakar yang berperan sebagai tim ahli (validator) dalam menilai kualitas keterbacaan buku ajar yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik dan Instrumen penelitian yang digunakan yaitu  lembar validasi keterbacaan buku ajar. Berdasarkan hasil analisis validitas dan reliabilitas buku ajar perkuliahan berbasis analogi yang telah dikembangkan diperoleh rerata hasil validasi oleh kedua pakar dengan nilai 3,9 dengan kategori sangat valid. Kemudian hasil pengukuran reliabilitas diperoleh nilai 99 %. Dengan hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa buku ajar perkuliahan berbasis analogi yang telah dikembangkan  sangat valid dan reliabel sehingga layak untuk diujicobakan sebagai bahan ajar perkuliahan pada mahasiswa program studi teknologi informasi STKIP yapis Dompu.

Published

2019-11-10

How to Cite

Fathirma’ruf, Budiman, & Asmedy. (2019). Analisis Validitas dan Reliabilitas Keterbacaan Buku Ajar perkuliahan Berbasis Analogi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(3), 336-340. Retrieved from https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/67