Peranan Pendidikan Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa untuk Mencegah Perundungan Antar Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6708Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan Pendidikan Pancasila dalam menumbuhkan karakter siswa dan mencegah perundungan antar siswa di UPT SPF SD Inpres Maccini Kota Makassar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru, siswa, dan kepala sekolah, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Pancasila berperan penting dalam membentuk karakter siswa, terutama dalam aspek toleransi, saling menghormati, dan penyelesaian perundungan secara damai. Siswa yang telah menerima Pendidikan Pancasila menunjukkan peningkatan dalam kemampuan mengelola emosi dan bekerja sama dengan teman-teman mereka, yang berdampak pada penurunan jumlah perundungan antar siswa. Meskipun demikian, beberapa tantangan masih ditemukan, seperti pengaruh lingkungan luar sekolah yang memengaruhi perilaku siswa. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kolaborasi antara sekolah dan orang tua serta penguatan program pendidikan karakter berbasis Pancasila untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan harmonis.