Landasan Teori Pendidikan Karakter

Authors

  • Hakin Najili Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Hendri Juhana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Aan Hasanah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Bambang Samsul Arifin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.675

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kajian terkait landasan teori pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka (library research). Hasil kajian menunjukan bahwa kemunculan gagasan “pendidikan karakter “(character building) terjadi karena masalah-masalah yang terjadi seperti kekerasan, korupsi, manipulasi, praktek-praktek kebohongan dalam dunia pendidikan mulai dari menyontek dalam ujian sampai plagiat dan masalah-masalah karakter lainnya. Walaupun sudah terlambat dalam menerapkan pendidikan karakter di sekolah, masih banyak generasi kita yakni para peserta didik yang duduk dibangku sekolah dan butuh pendidikan karakter agar di masa depannya menjadi orang yang tidak hanya cerdas secara intelektual tapi juga memiliki karakter. Pendidikan juga untuk membangun budi pekerti dan sopan santun dalam kehidupan. Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah sebagai alternatif dengan formula 4M (mengetahui, mencintai, menginginkan dan mengerjakan), juga dengan metode pembiasaan. Selain itu melalui metode mengajarkan, keteladanan, menentukan prioritas dan praksis prioritas.

Published

2022-07-02

How to Cite

Najili, H., Juhana, H., Hasanah, A. ., & Arifin, B. S. (2022). Landasan Teori Pendidikan Karakter. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2099-2107. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.675