Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah

Authors

  • Annisa Mayasari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Asep Sopian Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Wawan Ridwan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Aan Hasanah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Bambang Samsul Arifin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.676

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan model evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah ditinjau dari sifat siswa dan teknik evaluasi pembelajaran. Fokus penelitian ini mengenai implementasi dan efektivitas penggunaan model pendidikan karakter di sekolah. Selain itu, pembahasan akan dijabarkan melalui skala efektivitas, persepsi staf, inventarisasi masalah sekolah, evaluasi oleh masyarakat umum, inventarisasi perilaku siswa, portofolio siswa, penilaian pandangan siswa, dan polling pendapat orang tua siswa. Metode penelitian ini menggunakan studi pustaka dan observasi online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah berjalan efektif dan dapat diterima oleh siswa di sekolah, dengan demikian pengembangan model evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah dapat digunakan sebagai model pendidikan di sekolah.

Published

2022-07-02

How to Cite

Mayasari, A., Sopian, A. ., Ridwan, W. ., Hasanah, A. ., & Arifin, B. S. (2022). Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2060-2069. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.676