Kajian Systematic Literature Review Tentang Dampak Intervensi Psikologi Positif dalam Meningkatkan Kepuasan Belajar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6791Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas intervensi psikologi positif dalam meningkatkan kepuasan belajar siswa melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Sebanyak 20 artikel dari basis data akademik diidentifikasi dan dianalisis untuk mendapatkan gambaran komprehensif terkait berbagai bentuk intervensi, seperti pengembangan resiliensi, dukungan sosial, penguatan efikasi diri, dan regulasi emosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi berbasis psikologi positif secara signifikan dapat meningkatkan kepuasan belajar melalui peningkatan kesejahteraan psikologis, pengelolaan stres, dan motivasi intrinsik. Faktor-faktor seperti dukungan sosial, optimisme, rasa syukur, kesiapan digital, serta aktivitas fisik terstruktur terbukti mendukung siswa untuk lebih terlibat dalam proses pembelajaran, baik dalam pembelajaran tatap muka maupun daring. Selain itu, penggunaan terapi berbasis perilaku kognitif (CBT) juga efektif dalam mengurangi kecemasan akademik dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Studi ini menegaskan pentingnya pendekatan psikologi positif untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, sekaligus memberikan rekomendasi praktis untuk penerapannya dalam konteks pendidikan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi kombinasi berbagai intervensi guna meningkatkan aspek-aspek lain dari pengalaman belajar siswa.