Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Merdeka Belajar Di Tk Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Selatan

Authors

  • Cicik Sulistyowati Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Luhur Wicaksono Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6798

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji peran kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi Merdeka Belajar di TK Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Selatan, dengan fokus pada pengembangan karakter dan sosial-emosional peserta didik melalui kurikulum yang menekankan kebebasan, kreativitas, dan kemandirian dalam belajar. Menggunakan pendekatan campuran kuantitatif dan kualitatif, survei terhadap orang tua dan wawancara dengan kepala sekolah serta guru dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas kepemimpinan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran penting dalam penerapan kurikulum fleksibel yang mendorong eksplorasi dan kreativitas, pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru, serta kolaborasi dengan orang tua dan komunitas. Penyediaan sumber daya dan fasilitas yang memadai, serta pendekatan pembelajaran inovatif dan evaluasi berbasis kompetensi, terbukti meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan keterampilan abad ke-21. Kesimpulannya, kepemimpinan kepala sekolah yang efektif adalah kunci keberhasilan penerapan Merdeka Belajar, yang meningkatkan keterlibatan peserta didik, kualitas pengajaran, dan hasil belajar secara keseluruhan. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman praktik terbaik dalam kepemimpinan pendidikan di tingkat taman kanak-kanak.

Published

2025-02-01

How to Cite

Sulistyowati, C. ., & Wicaksono, L. . (2025). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Merdeka Belajar Di Tk Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Selatan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1182-1189. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6798