Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Proses Pengembangan Kurikulum PAI di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6803Abstract
Globalisasi menghadirkan tantangan signifikan bagi pendidikan, khususnya Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis strategi integrasi nilai-nilai Islami dalam pengembangan kurikulum PAI, yang dirancang untuk menjawab kebutuhan generasi muda di era digital. Penelitian ini mengidentifikasi pendekatan-pendekatan dalam pengembangan kurikulum, termasuk subjek akademis, humanistik, teknologis, dan rekonstruksi sosial, serta mengevaluasi implementasi nilai-nilai Islami dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya integrasi materi pembelajaran berbasis nilai, metode inovatif, serta evaluasi karakter untuk menciptakan siswa dengan keimanan kokoh, karakter Islami, dan kemampuan adaptasi terhadap perubahan global. Dengan strategi yang tepat dan kolaborasi antara guru, keluarga, dan komunitas, integrasi nilai Islami dalam kurikulum mampu menciptakan pembelajaran yang relevan dan bermakna.