Analisis Penerimaan Teknologi dengan Metode UTAUT pada Siswa SMK dalam Menggunakan Accurate Online
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6807Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku penggunaan online yang akurat dalam mata pelajaran komputer akuntansi dengan menggunakan aplikasi accurate online berdasarkan model UTAUT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 510 peserta didik kelas XI Akuntansi SMK yang ada di Kabupaten Bojonegoro tahun ajaran 2024/2025, dengan sampel sebanyak 252 dari siswa SMK Negeri. Sampel diambil berdasarkan teknik purposive sampling dengan kriteria siswa yang telah atau sedang mengambil mata pelajaran komputer akuntansi dengan menggunakan aplikasi accurate online. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh yang positif signifikan dari setiap varibel independent yaitu persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dukungan dari guru dan ketersediaan laboratorium computer terhadap penggunaan accurate online oleh siswa SMK di Bojonegoro.