Perkembangan Pemikiran Filsafat Islam
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6813Abstract
Sertifikasi dan akreditasi merupakan dua proses penting yang berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk di lembaga pendidikan Islam. Sertifikasi lebih berfokus pada kompetensi individu, khususnya tenaga pendidik, sementara akreditasi menilai kualitas lembaga pendidikan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keduanya dan menjelaskan peran masing-masing dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan studi literatur sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun memiliki perbedaan dalam lingkup dan proses, sertifikasi dan akreditasi saling melengkapi dalam memastikan mutu pendidikan yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Sertifikasi meningkatkan kualitas tenaga pendidik, sementara akreditasi menjamin kualitas lembaga pendidikan. Namun, implementasi keduanya masih menghadapi tantangan, seperti keterbatasan sumber daya. Penelitian ini menyarankan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas sertifikasi dan akreditasi serta mengidentifikasi model terbaik untuk diterapkan di lembaga pendidikan Islam di masa depan.