Permasalahan-permasalahan Pendidikan di Indonesia dan Upaya Mengatasinya: Perspektif Filsafat Ilmu
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6841Abstract
Pendidikan di Indonesia menghadapi berbagai tantangan, termasuk ketimpangan akses pendidikan, kurangnya apresiasi terhadap tenaga pendidik, rendahnya kualitas fasilitas pendidikan dan rendahnya kompetensi pendidik yang berkualitas, serta dominasi pendekatan berbasis ujian dan angka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan tersebut melalui perspektif filsafat ilmu dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep keadilan distributif, optimalisasi teknologi pendidikan, peningkatan kesejahteraan pendidik, serta reformasi kurikulum yang relevan dengan kebutuhan zaman merupakan langkah strategis untuk mengatasi permasalahan ini. Dengan pendekatan holistik, diharapkan pendidikan di Indonesia dapat menjadi lebih inklusif, adil, dan mampu mendukung pembangunan manusia secara berkelanjutan.