Inovasi Tes Maharah Kalam pada Buku Durus Al-Lughah Al-‘Arabiyah Jilid 3 Berbasis Penilaian Kurikulum Merdeka

Authors

  • Hanan Riswar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Umi Baroroh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6850

Abstract

Inovasi dalam pembelajaran Maharah Kalam (keterampilan berbicara) merupakan kebutuhan penting dalam pendidikan bahasa Arab. Penelitian ini berfokus pada pengembangan instrumen penilaian Maharah Kalam berbasis Kurikulum Merdeka dengan menggunakan kitab Durus al-Lughah al-'Arabiyah Jilid 3. Kurikulum Merdeka menekankan pada fleksibilitas dan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Instrumen penilaian yang dirancang berorientasi pada pembelajaran kontekstual, interaktif, dan menyenangkan, dengan memanfaatkan media digital seperti aplikasi pembelajaran dan platform daring. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa serta efektivitas pengajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan baru ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi yang diterapkan mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa, mengurangi kebosanan dalam pembelajaran, serta memberikan umpan balik yang lebih efektif. Penggunaan teknologi dalam instrumen penilaian juga meningkatkan partisipasi dan kepercayaan diri siswa dalam berbicara bahasa Arab. Dengan demikian, inovasi ini diharapkan dapat menjadi model dalam mengembangkan kurikulum dan metode pembelajaran bahasa Arab yang lebih relevan dengan kebutuhan zaman.

Published

2025-02-04

How to Cite

Riswar, H., & Baroroh, U. (2025). Inovasi Tes Maharah Kalam pada Buku Durus Al-Lughah Al-‘Arabiyah Jilid 3 Berbasis Penilaian Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1531-1539. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6850