Pengaruh Pengetahuan Investasi, Financial Literacy dan Pendapatan terhadap Minat Investasi pada Mahasiswa Gen Z

Authors

  • Chika Syifa Audinasyah Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Nunung Nurhasanah Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6851

Abstract

Pada zaman ini investasi merupakan salah satu cara memperoleh pendapatan diluar gaji/upah seseorang atau individu sebagai karyawan. Kemahiran dalam ilmu, pemahaman serta literasi menjadikan mahasiswa mempunyai keunggulan untuk ikut berpartisipasi dalam mengawali penanaman modal. Pendapatan para siswa juga jadi kendala dalam memulai investasi sehingga mengurangi minat investasi pelajar. Observasi ini bertujuan guna menentukan, mengevaluasi dan menjelaskan dampak pengetahuan berinvestasi, finansial literacy dan pendapatan terhadap hasrat penanaman dana pada pelajar gen Z. Studi ini dilakukan dengan metodologi deskriptif kuantitatif dan memakai data primer dan data yang sudah tersedia. Populasi pada riset ini sebanyak 500 para siswa dan penetapan sampel ditetapkan dengan teknik non probability sampling, dan didapatkan sampelnya yaitu 83 mahasiswa. Metode analisa mengenakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Data diolah secara angka memakai SPSS 25. Hasil dari studi ini adalah variabel pengetahuan tanam modal dan financial literacy memberikan akibat terpisah terhadap keinginan berinvestasi, sedangkan variabel pendapatan tidak memberikan pengaruh parsial pada minat berinvestasi. Secara bersama-sama variabel pengetahuan investasi, financial literacy dan pendapatan berdampak secara signifikan pada minat investasi.

Published

2025-02-04

How to Cite

Audinasyah, C. S., & Nurhasanah, N. . (2025). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Financial Literacy dan Pendapatan terhadap Minat Investasi pada Mahasiswa Gen Z. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1525-1530. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6851