Pengembangan E-Modul Berbantuan Kalkulator Saintifik dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah pada Materi Eksponensial

Authors

  • Kiki Rizki Amalia Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Makmuri Makmuri Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Tian Abdul Aziz Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6855

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran E-Modul berbantuan Kalkulator Saintifik pada materi Eksponensial dengan model Problem Based Learning di SMA Triguna Jakarta, dan 2) Menilai peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui pemanfaatan E-Modul tersebut dalam pembelajaran matematika materi Eksponensial di SMA Triguna Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode uji kelayakan dengan melibatkan para ahli serta uji efektivitas menggunakan pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation). E-Modul disusun dengan pendekatan Problem Based Learning dan divalidasi oleh para ahli menggunakan expert judgement. E-Modul diuji coba pada kelompok kecil berjumlah 20 peserta didik kelas XI di SMA Triguna Jakarta, dan kemudian diimplementasikan pada dua kelas besar, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil validasi dari para ahli menunjukkan bahwa E-Modul layak digunakan dengan persentase validitas rata-rata 96%, yang termasuk kategori sangat layak. Uji kepraktisan oleh guru dan peserta didik pada kelompok kecil menunjukkan nilai rata-rata 88%, yang masuk kategori sangat baik. Uji efektivitas menunjukkan bahwa E-Modul efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan rata-rata N-gain yang diperoleh dalam kategori efektif.

Published

2025-02-01

How to Cite

Amalia, K. R. ., Makmuri, M., & Aziz, T. A. . (2025). Pengembangan E-Modul Berbantuan Kalkulator Saintifik dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah pada Materi Eksponensial. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1291-1299. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6855