Implementasi Supervisi Akademik sebagai Upaya Pengembangan Kompetensi Guru

Authors

  • Hesti Veronica Putri Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Sujarwanto Sujarwanto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6860

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses pelaksanaan supervisi akademik yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, dan mengaalisis serta mendeskripsikan tindak lanjut dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah atau supervisor terhadap guru di SMP Muhammadiyah 2 Taman sehingga dapat mengembangkan kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan proses implementasi supervisi akademik melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta tindak lanjut supervisi akademik sebagai upaya yang dilakukan dalam pengembangan kompetensi guru baik dari sisi pedagogik, professional, sosial dan kepribadian melalui adanya diskusi atau sharing, melalui MSG (Morning Spritual Gathering), mengikuti MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dan diadakan pelatihan atau workshop. Adapun faktor pendukungnya yaitu adanya tim supervisor yang telah dibentuk, adanya fasilitas, sarana dan prasarana yang memadai, kesiapan modul ajar yang dibuat oleh guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah terdapat banyak kegiatan sekolah sehingga kurangnya kesiapan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, khusunya ketika disupervisi.

Published

2025-02-01

How to Cite

Putri, H. V., Sujarwanto, S., & Khamidi, A. . (2025). Implementasi Supervisi Akademik sebagai Upaya Pengembangan Kompetensi Guru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1306-1312. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6860