Pengaruh Pendidikan Karakter, Keterampilan Sosial, dan Lingkungan Keluarga terhadap Perilaku Prososial Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6869Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendidikan karakter, keterampilan sosial, dan lingkungan keluarga terhadap perilaku prososial siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei, melibatkan 100 siswa sekolah dasar yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang mencakup skala pengukuran perilaku prososial, penerapan pendidikan karakter, keterampilan sosial, dan dukungan lingkungan keluarga. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendidikan karakter (? = 0,35, p < 0,001), keterampilan sosial (? = 0,40, p < 0,001), dan lingkungan keluarga (? = 0,28, p < 0,05) memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku prososial siswa. Model regresi menunjukkan kontribusi bersama sebesar 56% (R² = 0,56). Siswa dengan keterampilan sosial yang baik dan dukungan keluarga berbasis pola asuh otoritatif menunjukkan tingkat perilaku prososial yang lebih tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan holistik melalui integrasi pendidikan karakter, pengembangan keterampilan sosial, dan peran aktif keluarga sangat penting dalam membentuk perilaku prososial siswa. Temuan ini memberikan implikasi bagi strategi pendidikan yang lebih terpadu guna membangun generasi muda yang berkarakter, empati, dan memiliki tanggung jawab sosial.