Efektivitas Pembelajaran Ahlussunnah Wal Jamaah (ASWAJA) dalam meningkatkan Akhlak Peserta Didik di Minu KH Mukmin Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6873Abstract
Pembelajaran akhlak yang efektif adalah pembelajaran yang didasarkan pada nilai nilai akhlak islami sesuai dengan al-quran dan assunnah. Akhir-akhir ini dunia Pendidikan dihadapkan pada kemerosatan akhlak siswa yang tidak terkendali seperti tidak bertutur kata yang baik dan sopan, pembullyan, dan perkelahian antar siswa. Untuk menanggulangi hal yang demikian maka diperlukan adanya Pendidikan akhlak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Ahlussunnah Wal Jamaah (ASWAJA) dalam membentuk akhlak siswa yang sesuai dengan nilai-nilai islam. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan cukup efektif dengan adanya pembiasaan dan penerapan kegiatan berbasis akhlak seperti pembiasaan shalat duha, istghosah, dan bersalaman Ketika bertemu guru. Hal ini menunjukkan pembelajaran Ahlussunnah Wal Jamaah (ASWAJA) ini menunjukkan memiliki keterkaitan erat dalam pembentukan akhlak siswa. Harapan peneliti pembiasaan-pembiasaan yang demikian senantiasa dipertahankan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.