Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis melalui metode fonik pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6874Abstract
Kesulitan membaca dan menulis adalah tantangan umum yang dihadapi oleh siswa di tingkat sekolah dasar. Masalah ini dapat menghambat perkembangan akademis dan sosial mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang digunakan oleh guru dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis melalui metode fonik. Metode fonik, yang berfokus pada pengenalan suara dan huruf, diharapkan dapat membantu siswa memahami hubungan antara bunyi dan huruf, sehingga memudahkan mereka dalam proses pembelajaran membaca dan menulis. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis pengalaman guru dan dampak metode fonik terhadap kemampuan membaca dan menulis siswa. Wawancara, dan analisis dokumen dari beberapa sekolah dasar di wilayah Kota Sorong. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi bagi guru.