Analisis Model Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6880Abstract
Penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) semakin banyak digunakan, terutama di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan gambaran mengenai pengembangan aplikasi berbasis AR dalam pembelajaran di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic review dengan melakukan pencarian artikel ilmiah yang bersumber dari google scholar melalui Publish or Perish dengan kata judul pengembangan aplikasi berbasis augmented reality dalam pembelajaran di sekolah dasar pada rentang tahun 2020 sampai 2024. Artikel yang telah diperoleh adalah 770 artikel yang kemudian diekstraksi untuk mendapatkan artikel yang fokus dan relevan dengan topik kajian. Setelah proses ekstraksi, didapati 25 artikel yang relevan dengan topik kajian. Hasil analisis mengungkapkan terdapat beragam model dalam penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality dalam rentang waktu tahun 2020-2024, yang meliputi model ADDIE, Lee & Owens, MDLC (Multimedia Design Life Cycle), SDLC (Software Design Life Cycle), Incremental, Waterfall, prototype model, Sugiyono, serta Borg & Gall. Melalui model-model penelitian dan pengembangan tersebut, seluruh media pembelajaran berbasis augmented reality yang dianalisis dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.