Penggunaan Media GMaps pada Pembelajaran IPAS pada Kegiatan Membaca Peta di Kelas 4 MI Muhammadiyah Butuh 02
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6881Abstract
Di Madrasah Ibtidayah Muhammadiyah Kebutuhan 02, pembelajaran masih dilakukan dengan menggunakan buku dan media audiovisual, dan karena keterbatasan peralatan, software khususnya Gmaps jarang digunakan. Oleh karena itu, keterampilan membaca peta siswa masih kurang karena media tersebut tidak sering digunakan di semua kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penggunaan GMaps dan memperkuat pemahaman siswa terhadap peta, dimana siswa belum mampu memahami dan menggunakan peta digital yang sudah ada sejak lama. Hal ini juga membantu menumbuhkan kreativitas dalam penggunaan media pembelajaran di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Kurt Lewin yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus I dan Siklus II dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 4 tahun ajaran 2023/2024. asal data penelitian terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dengan menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan untuk mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik yang digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Studi ini menemukan bahwa penggunaan GMaps sebagai media membaca adalah efektif dan anak-anak mampu memahami dan menggunakan media tersebut dengan sukses, sehingga meningkatkan tingkat penggunaan media dari sebelumnya 21,62% menjadi 83,78%.