Penggunaan Media GMaps pada Pembelajaran IPAS pada Kegiatan Membaca Peta di Kelas 4 MI Muhammadiyah Butuh 02

Authors

  • Nur Azizah Armi Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Mas Roro Diah Wahyulestari Universitas Muhammadiyah Jakarta,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6881

Abstract

Di Madrasah Ibtidayah Muhammadiyah Kebutuhan 02, pembelajaran masih dilakukan dengan menggunakan  buku dan  media audiovisual, dan karena keterbatasan peralatan, software khususnya Gmaps jarang digunakan. Oleh karena itu, keterampilan membaca peta siswa masih kurang karena media tersebut tidak sering digunakan di semua kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji  penggunaan GMaps dan memperkuat pemahaman siswa terhadap  peta, dimana siswa belum mampu memahami dan menggunakan peta digital yang sudah ada sejak lama. Hal ini juga membantu menumbuhkan kreativitas dalam penggunaan media pembelajaran di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Kurt Lewin  yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus I dan Siklus II  dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 4 tahun ajaran  2023/2024. asal  data penelitian terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dengan menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan untuk mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik yang digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Studi ini menemukan bahwa  penggunaan GMaps sebagai media membaca adalah efektif dan anak-anak mampu memahami dan menggunakan media tersebut dengan sukses, sehingga meningkatkan tingkat penggunaan media dari sebelumnya 21,62% menjadi 83,78%.

Published

2025-02-04

How to Cite

Armi, N. A. ., & Wahyulestari, M. R. D. . (2025). Penggunaan Media GMaps pada Pembelajaran IPAS pada Kegiatan Membaca Peta di Kelas 4 MI Muhammadiyah Butuh 02. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1567-1574. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6881