Pengaruh Pelaksanaan Teaching Factory terhadap Motivasi Kerja dan Kesiapan Kerja Peserta Didik Tata Kecantikan Kulit dan Rambut di SMK
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6882Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelaksanaan Teaching Factory terhadap motivasi kerja dan kesiapan kerja peserta didik pada program keahlian Tata Kecantikan Kulit dan Rambut di SMK. Teaching Factory merupakan model pembelajaran yang mengintegrasikan teori dan praktik secara langsung, sehingga memberikan pengalaman nyata kepada peserta didik dalam menghadapi dunia kerja. Dalam penelitian ini, motivasi kerja berperan sebagai variabel yang dapat memperkuat hubungan antara Teaching Factory dan kesiapan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Teaching Factory memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja dan kesiapan kerja peserta didik. Peserta didik yang mengikuti program ini menunjukkan tingkat kesiapan kerja yang lebih tinggi, yang didukung oleh peningkatan motivasi kerja. Dengan demikian, penguatan Teaching Factory dalam pembelajaran vokasi dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan daya saing lulusan di dunia kerja.