Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Video Pembelajaran Interaktif pada Materi Siklus Air Tanah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6883Abstract
Model pembelajaran Problem Based Learning berbasis video pembelajaran interaktif diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana mengembangkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis video pembelajaran interaktif pada materi siklus air tanah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang valid, praktis dan efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023-2024. Penelitian ini dilakukan di kelas V di SDN 2 Kumbangsari yang berjumlah 20 siswa (9 laki-laki dan 11 perempuan). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode Pengumpulan data adalah observasi, wawancara, pengumpulan dokumen, dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi ahli media pembelajaran, pengembangan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Video Interaktif pada materi siklus air tanah mendapatkan scor 98% dengan kualifikasi sangat valid dan layak untuk diimplementasikan. Ahli media juga memvalidasi kesesuaian desain video dengan tujuan berpikir kritis, sintaks model pembelajaran PBL, materi, tampilan yang menarik, kefektifan dan kepraktisan video, tata letak dan kesesuaian bahasa yang digunakan dalam video menunjukkan skor 93,75% dengan kualifikasi sangat valid dan layak, sehingga video pembelajaran interaktif layak digunakan. Implikasi Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi siklus air tanah.