Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas Perspektif Teori Pendidikan Modern

Authors

  • Junaidah Junaidah Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia
  • Putri Fadila Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia
  • Waqiatul Masruroh Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6884

Abstract

Pengelolaan kelas adalah elemen kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan sesuai kebutuhan siswa. Dengan berkembangnya paradigma pendidikan, teori seperti konstruktivisme, humanisme, dan pembelajaran berbasis teknologi memberikan pemahaman baru tentang peran guru. Guru kini berperan sebagai fasilitator, motivator, dan pemimpin dalam pengelolaan kelas berbasis siswa. Penelitian ini mengkaji peran tersebut melalui studi pustaka dengan pendekatan deskriptif-analitis, memadukan teori pendidikan modern dan temuan terkini. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan teori ini memungkinkan pembelajaran kolaboratif, inklusif, dan relevan bagi abad ke-21. Guru sebagai fasilitator memandu pembelajaran berbasis pengalaman, sebagai motivator membangun motivasi siswa, dan sebagai pemimpin mengelola interaksi sosial kelas. Namun, tantangan seperti kurangnya pelatihan profesional, resistensi terhadap perubahan, dan minimnya dukungan institusional masih menghambat implementasi. Solusi mencakup penguatan kompetensi guru dan pembaruan kebijakan pendidikan.

Published

2025-02-04

How to Cite

Junaidah, J., Fadila, P. ., & Masruroh, W. . (2025). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas Perspektif Teori Pendidikan Modern. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1613-1618. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6884