Pengaruh Metode Cooperative Learning Teknik Think Pair Share, terhadap Penguasaan Kosa Kata Siswa Kelas IV SD Islam Darussalam Cikunir
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6886Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan kosa kata Bahasa Inggris siswa kelas IV SD Islam Darussalam Cikunir, khususnya pada materi "Introduce Myself." Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode Cooperative Learning dengan teknik Think Pair Share (TPS) terhadap penguasaan kosa kata Bahasa Inggris siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, menggunakan desain quasi-experimental design. Sampel penelitian terdiri dari 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa sebagai kelas kontrol dari SD Islam Darussalam Cikunir. Instrumen penelitian berupa rubrik penilaian penguasaan kosa kata Bahasa Inggris, yang telah melalui proses validasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis data menggunakan uji-t mengungkap perbedaan rata-rata posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai thitung sebesar 3,24, sementara nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,00. Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari metode Cooperative Learning dengan teknik Think Pair Share terhadap penguasaan kosa kata siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa metode Cooperative Learning teknik Think Pair Share efektif meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris siswa. Metode ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya pada materi pengenalan diri, guna meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara efektif.