Peran Lingkungan Pendidikan Anak (Orang Tua dan Guru) dalam Optimalisasi Academic Self Eficacy Peserta Didik Hambatan Pendengaran
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6889Abstract
Penelitian ini bertujuan guna menggambarkan peran orang tua dan guru dalam optimalisasi academic self eficacy anak. Dijelaskan bagaimana pola asuh yang dapat mendukung self eficacy, serta peran guru didalam kelas. Sehingga akan tersimpulkan gambaran dari lingkungan yang dapat mengoptimalisasi academic self eficacy anak baik di lingkungan sekolah, maupun rumah. Menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data pada studi ini dilakukan dengan menggunakan angket. Hasil yang didapat adalah pemberian penguatan pengetahuan mengenai pola asuh demokratis, memberikan perubahan positif baik dari anak ataupun orang tua. Orang tua menjadi paham bahwa perlu adanya batasan kebebasan dalam belajar, perencanaan pembelajaran juga diperlukan dengan disertakan target dalam belajar dirumah. Pemberian pengasuhan serta tindakan yang tepat akan mengembangkan efikasi anak tersebut. Melalui lingkup keluarga yang baik, awal pembentukan efikasi anak akan mampu meningkat. Peran guru dalam meningkatkan self eficacy peserta didik sangat penting karena self eficacy memengaruhi motivasi, sikap, dan pencapaian belajar mereka. Guru yang memberikan dukungan positif, umpan balik yang konstruktif, dan tantangan yang sesuai dapat membantu peserta didik membangun keyakinan diri mereka. Selain itu, dengan menciptakan lingkungan yang mendukung dan memberi contoh sikap positif, guru dapat memperkuat sikap peserta didik terhadap pembelajaran dan meningkatkan hasil akademik mereka.