Pengaruh Kreativitas Guru dan Media Pembelajaran Digital terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Majas Dikelas VI SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6894Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh kreativitas guru dan media pembelajaran digital terhadap hasil belajar siswa pada materi majas di SDN Puspanegara 08. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik SD kelas VI yang berjumlah 65 orang. Dalam penelitian ini, yang menjadi variabel bebas adalah kreativitas guru (x?) dan media pembelajaran digital (x?) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar bahasa Indonesia (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan uji validitas dan reliabilitas; dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dilakukan analisis dengan analisis statistika deskriptif dan uji prasyarat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi majas mata pelajaran bahasa indonesia kelas VI antara kreativitas guru dan media pembelajaran digital, yaitu nilai sig (2 tailed) sebesar 0.000 < 0.05 sehingga H0 ditolak, H3 diterima. Dengan demikian diketahui bahwa terdapat pengaruh antara kreativitas guru dan media pembelajaran digital terhadap hasil belajar siswa pada materi majas mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VI di SDN Puspanegara 08.