Implementasi Teaching Factory dan Industrial Technical Skill untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja Peserta Didik SMK

Authors

  • Moch. Fauzi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Lilik Anifah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • I Gusti Putu Asto Buditjahjanto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6901

Abstract

Sekolah Menegah Kejuruan memiliki tugas menyiapkan tenaga kerja yang terlatih akan sangat membantu dunia usaha, akan tetapi pada kenyataannya belum semua lulusan SMK bisa memenuhi kriteria kebutuhan dunia kerja sesuai dengan kompetensi bidang keahlian yang diharapkan. Hal ini dikarenakan kesiapan kerja lulusan SMK belum cukup matang. Penelitian ini membahas tentang implementasi teaching factory dan Industrial Technical Skill terhadap kesiapan kerja peserta didik SMK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi teaching factory dan Industrial Technical Skill terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode mengkaji literatur dari berbagai sumber yang bersangkutan mengenai hasil penelitian tentang teaching factory, industrial technical skill dan kesiapan kerja siswa di SMK. Dari hasil literatur review yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa implementasi teaching factory dan industrial technical skill dirasa dapat meningkatkan kesiapan kerja peserta didik. Didukung oleh pelaksanaan teaching factory di sekolah yang didesain sama dengan lingkungan di industri serta penugasan dan proyek yang disesuaikan dengan kompetensi peserta didik yang sama dengan industri dan industrial technical skill yang di dapat oleh peserta didik dari kegiatan prakerin juga berkontribusi dalam membentuk kesiapan peserta didik dalam melangkah di dunia kerja industri.

Published

2025-02-05

How to Cite

Fauzi, M. ., Anifah, L. ., & Buditjahjanto, I. G. P. A. . (2025). Implementasi Teaching Factory dan Industrial Technical Skill untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja Peserta Didik SMK. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1721-1725. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6901