Rancang Bangun Media Waker (Wayang Kerangka) pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Rangka Manusia untuk Siswa SD/MI

Authors

  • Fitria Ayu Indah Tri Rezki Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • Atin Supriatin Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • Istiyati Mahmudah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6904

Abstract

Melihat kesulitan siswa memahami materi pembelajaran IPA, diperlukan media yang membantu guru menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengatasi permasalahan yang terjadi yaitu kurangnya minat belajar peserta didik, maka dirancanglah Media wayang kerangka manusia ini untuk membuat belajar lebih menyenangkan dan membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis data berupa skala Likert dari validator ahli. Hasil deskriptif menunjukkan proses perancangan media wayang kerangka manusia efektif. Nilai kelayakan dari ahli materi 1 sebesar 92,8% dan ahli materi 2 sebesar 89,2%, dikategorikan sangat layak. Penilaian media oleh validator ahli media menunjukkan nilai 92,5% dan 90%, juga dikategorikan sangat layak. Penelitian ini berdampak positif pada proses guru mengajar dalam pembelajaran IPA. Hasilnya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan memfasilitasi pemahaman siswa terhadap konsep IPA. Selain itu, penelitian ini membantu guru meningkatkan kemampuan mengajar dan meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini juga bisa ditingkatkan lebih lanjut dengan teknologi terkini.

Published

2025-02-04

How to Cite

Rezki, F. A. I. T. ., Supriatin, A. ., & Mahmudah, I. . (2025). Rancang Bangun Media Waker (Wayang Kerangka) pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Rangka Manusia untuk Siswa SD/MI. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1619-1625. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6904