Efektivitas Pendekatan Pendidikan Abad 21 terhadap Pengembangan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Dessy Trisnawati Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Muhammad Sofian Hadi Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6908

Abstract

Minat membaca merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan literasi siswa sekolah dasar, terutama di era globalisasi dan teknologi saat ini. Pendidikan abad 21 menekankan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas, yang diharapkan dapat mendorong siswa untuk lebih tertarik pada aktivitas membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pendekatan pendidikan abad 21 terhadap pengembangan minat membaca siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimental, melibatkan 60 siswa dari dua sekolah dasar yang dipilih secara purposif. Kelompok eksperimen diterapkan pendekatan pendidikan abad 21 melalui strategi pembelajaran berbasis proyek dan teknologi digital, sementara kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran tradisional. Data dikumpulkan melalui kuesioner minat membaca, observasi, dan wawancara dengan guru, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan pendekatan pendidikan abad 21 memiliki peningkatan signifikan dalam minat membaca dibandingkan dengan kelompok kontrol (p < 0,05). Faktor-faktor seperti penggunaan media digital interaktif, kolaborasi dalam kelompok, dan relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari berkontribusi pada keberhasilan pendekatan ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan pendidikan abad 21 efektif dalam meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar.

Published

2025-02-05

How to Cite

Trisnawati, D. ., & Hadi, M. S. . (2025). Efektivitas Pendekatan Pendidikan Abad 21 terhadap Pengembangan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1889-1895. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6908